Modul KKPI
Pengenalan Sistem Operasi Windows

Hazira Fakhrurrozi Amir
97894 / 2009
Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Fakultas Teknik
Universitas Negeri Padang
2012

A. DESKRIPSI
Nama Modul | : | Mengoperasikan sistem operasi |
Kode Kompetensi | : | HDW.OPR.200.(1).A |
Ruang lingkup isi | : | · Mengoperasikan Sistem Operasi |
o Memulai Windows | ||
o Memahami perintah dan menu / icon : | ||
o Pengelolaan Folder dan File | ||
o Menggunakan Control Panel | ||
Kaitan Modul | : | Modul ini merupakan modul ketiga yang harus dikuasai oleh peserta didik setelah modul HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC Stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI dan sebelum modul SWR.OPR.100.(1).A Menginstalasi software |
Hasil yang diharapkan | : | Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat :
|
Manfaat di Industri | : | Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat :
|
B. PRASYARAT
Untuk mempelajari modul ini, maka unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya adalah :
· HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI.
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
Untuk peserta didik.
1. Pemelajaran yang dilaksanakan menggunakan sistem Self Based Learning atau sistem pemelajaran mandiri. Diharapkan seluruh peserta didik dapat belajar secara aktif dengan mengumpulkan berbagai sumber selain modul ini, misalnya melalui majalah, media elektronik maupun melalui internet.
2. Dalam modul ini dituntut tersedianya bahan ajar yang lengkap yang meliputi :
A. unit komputer yang siap digunakan;
B. sistem operasi yang legal dan siap digunakan;
C. buku manual sistem operasi;
D. SOP dalam menghidupkan dan mematikan komputer.
3. Setelah menyelesaikan modul ini, peserta didik dapat melanjutkan ke modul selanjutnya, yaitu SWR.OPR.100.(1).A Menginstall Software.
4. Guru atau instruktur berperan sebagai fasilitator dan pengarah dalam semua materi di modul ini, sehingga diharapkan dapat terjadi komunikasi timbal balik yang efektif dalam mempercepat proses penguasaan kompetensi peserta didik.
Selanjutnya, peran guru dalam proses pemelajaran adalah :
1. Menampilkan beberapa gambaran layar desktop yang menarik bagi siswa dengan cara mengubah-ubah pola themes layar desktop komputer dan menantang siswa untuk merubahnya menjadi lebih menarik dari hasil pengubahan instrukturnya ;
2. Mengajak siswa untuk bermain sosio drama sebentar dengan tema dan pola logika penyimpanan file pada media penyimpanan;
3. Memberikan gambaran lokasi waktu yang terpisahkan oleh sistem universal, dan simulasi komunikas yang dibedakan oleh sistem waktu global
D. TUJUAN AKHIR
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat :
1. Melakukan setting layar komputer masing-masing agar lebih menarik supaya menciptakan lingkungan bekerja yang nyaman dan bergairah;
2. Melakukan manajemen pengelolaan file dan folder sehingga mempermudah pola pencarian file yang diarsipkan ;
3. Melakukan pengubahan beberapa setting fitur konfigurasi komputer melalui fasilitas Control Panel ;
Untuk Lebih lengkap download disini






0 komentar:
Posting Komentar